Sistem Pengendalian Manajemen PT. Indofood
Sistem Pengendalian Manajemen dan Strategi Pada PT. Indofood Sukses Makmur
Anthony dan Govindarajan (1995), Mendefinisikan sistem pengendalian manajemen sebagai sebuah proses seorang manajer memastikan bahwa sumber daya diperoleh dan dipergunakan secara efektif dan efisien dalam usaha untuk mencapai tujuan organisasi.
Sistem pengendalian yang baik berperan pada cara maupun tujuannya. artinya tindakan individu untuk meraih tujuan-tujuan pribadinya juga akan membantu dalam pencapaian organisasi. dengan adanya suatu sistem ini pula berbagai aktivitas, khususnya terhadap produktivitas dapat membantu perusahaan dalam memelihara dan memastikan sampai sejauh mana sasaran juga tujuan program serta kegiatan operasional di dalam perusahaan, apakah sejalan dengan sasaran dan tujuan perusahaan atau tidak. dari segi penerapannya, sistem pengendalian manajemen harus mampu menyediakan informasi dalam struktur komunikasi yang memadai, dapat sehingga digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh manajer.
PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. merupakan salah satu perusahaan besar yang sangat terkenal di Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang pengolahan makanan dan minuman yang didirikan pada tahun 1971 dan memiliki cabang hampir di semua daerah di Indonesia dengan merencakan suatu komitmen untuk menghasilkan produk makanan olahan bermutu, aman, dan halal untuk dikonsumsi. Aspek kesegaran, higienis, kandungan gizi, rasa, praktis, aman dan halal dikonsumsi senantiasa menjadi prioritas Indofood untuk menjamin mutu produk yang selalu prima. Indofood adalah perusahaan makanan perdana di Indonesia, dan menguasai pasaran dalam negeri melalui berbagai produknya, termasuk mi instan,tepung terigu, berbagai merek minyak dan lemak nabati, makanan bayi, serta makanan ringan. Indofood juga memproduksi produk bumbu makanan.
Strategi Perusahaan pada PT. Indofood :
1. Memperkuat Brand Equity
PT. Indofoof terus menciptakan dan memproduksi berbagai macam merek dan mengakusisi. Pengakusisian ini menjadikan Indofood menjadi produsen mie instan terbesar dunia dan pangsa pasar yang signifikan dan meraih berbagai macam penghargaan.
2. Mendorong inovasi produk
PT. Indofood terus mendukung inovasi produk agar pelanggan memiliki berbagai macam pilihan yang dapat dibeli. Sebagai contoh indomie, indomie memiliki rasa yang bermacam-macam, sehingga pelanggan tidak bosan jika hanya satu macam rasa saja.
3. Meningkatkan ketersediaan produk
Dalam meningkatkan ketersediaan produk PT.Indofood menggunakan cara dengan meningkatkan kapasitas produksi, membangun fasilitas Gudang baru, dan meningkatkan jumlah stock point di Indonesia serta memperkuat mata rantai pasokan dengan cara menjalin kemitraan kepada para petani dan pemasok dalam negeri
4. Diversifikasi sumber bahan baku
Diversifikasi ini terdiri dari diversifikasi pemasok bahan baku dan menggunakan substitusi bahan baku berbiaya tinggi namun tanpa mengurangi kualitas produk akhir.
5. Mengembangkan penjualan ekspor dan food service
PT.Indofood menempuh pengembangan ini melalui pengembangan perusahaan yang beroperasi diluar negeri, mengakusisi perusahaan luar negeri untuk mempercepat pendapatan di luar negeri lalu meningkatkan penetrasi pasar dan mendorong pengembangan produk dengan memanfaatkan perusahaan yang diakusisi lalu meningkatkan penjualan ekspor melalui penawaran varian produk yang sesuai dengan target pasar utama dan memperluas jaringan distribusi guna meraih pertumbuhan volume.
6. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi
Meningkatan produktivitas dapat dengan cara penetrasi distrik supervise digital dimana termasuk proses digitalisasi yang sudah terbukti menghasilkan peningkatan efisiensi biaya. Sehubungan dengan kemampuan mengawasi, dan mengawasi Kembali persediaan dengan segera
7. Meningkatkan kualitas layanan
PT. Indofood meningkatakan kualitas layanan menggunakan digitalisasi. Sehubungan dengan teknologi yang semakin maju maka PT.Indofood menggunakan digital untuk tetap meningkatkan kualitas layanan. Bisa melalui social media Indofood dan bisa melalui call centre yang tersedia untuk pengaduan pelanggan.
8. Peningkatan kompetensi
Peningkatan kompetensi pada PT. Indofood dilakukan melalui program pelatihan khusus, sedangkan kegiatan untuk membangun hubungan industrial yang harmonis dengan serikat pekerja akan dipertahankan guna mendukung kelancaran operasional perseroan.
Sistem Pengendalian Manajemen pada PT. Indofood Sukses Makmur
1. Good manufacturing Practies
Suatu pedoman cara memproduksi pangan yang baik dengan tujuan agar produsen itu menghasilkan produk yang bermutu sesuai dengan tuntutan konsumen. Produk harus terjamin mutu dan kualitasnya, aplikasi dari kegiatan GMP ini merupakan operasi sanitasi dan higenis proses produksi atau penanganan pangan dalam bentuk standar sanitation operating procedur (SSOP)
2. Tanggung Jawab Manajemen
Tanggung jawab manajemen terdiri dari kebijakan keamanan pangan dengan menggunakan BBCA, adanyan kekuatan keamanan pangan, dan adanya lingkungan kerja perusahaan yang dimana segala bentuk kegiatan yang ada di lingkungan kerja untuk menjaga para karyawan dan Pembina para karyawan agar tetap semangat bekerja.
3. Tata Kelola yang Baik
Perusahaan PT. Indofood Sukses Makmur tetap memperhatikan sasaran lingkungan sosial dan tata Kelola melalui program keberlanjutan dan berbagai inisiatif kemasyarakatan dengan tetap menerapkan berbagai kebijakan dan prosedur keselamatan yang senantiasa akan digunakan sesuai dengan perkembangan situasi yang ada .
Sistem Pengendalian Manajemen terhadap tenaga kerja pada PT. Indofood Sukses Makmur
Proses perekrutan dan evaluasi kinerja dilaksanakan berdasarkan keterampilan, pengalaman dan kemampuan dari masing-masing karyawan di PT. Indofood. Sepanjang tahun PT.Indofood terus melanjutkan hubungan yang baik dengan serikat pekerja yang terkait, wujud dari kepedulian PT.Indofood terhadap karyawan adalah fasilitas Kesehatan, insentif, dan masa cuti. PT. Indofood memiliki program manajemen trainee sebagai salah satu jalur yang efektif untuk proses perekrutan dan pengembangan talenta yang dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan PT. Indofood. PT.Indofood juga memberikan program pelatihan untuk pengembangan keterampilan teknis maupun softskill. Selama pandemic seluruh kegiatan pelatihan dilakukan secara daring, karyawan diberikan kesempatan untuk selflearning menggunakan aplikasi e-learning jadi karyawan bisa mengakses materi dimanapun dan kapanpun untuk saling berkembang dalam meraih tujuan PT. Indofood ini.
Musa, S. H. (2013). evaluasi sistem pengendalian manajemen untuk meningkatkan kinerja manajer penjualan pada pt. hasjrat abadi manado. Jurnal EMBA, 1790-1798.
Silaen, r. p. (2021). Analisis sistem pengendalian manajemen pada PT.Indofood. Indonesia.
Komentar
Posting Komentar